Wisata Ramah Muslim Di Okayama, Jepang


Oleh: Admin  |  18 December 2018

Okayama memberikan beragam kemudahan bagi turis muslim yang ingin menghabiskan waktu liburannya disana

Mungkin tidak sedikit Jalaners yang beragama Muslim khawatir saat melakukan perjalanan ke Jepang. Mulai dari masalah panganan hingga tempat untuk melakukan ibadah Sholat menjadi suatu tantangan tersendiri pastinya bagi Jalaners saat berlibur di Negeri Sakura ini. Namun, jangan khawatir Jalaners, salah satu prefektur di Jepang yakni Okayama memberikan beragam kemudahan bagi turis muslim yang ingin menghabiskan waktu liburannya disana. Dengan menggunakan tanda unik berupa logo buah persik/peach, turis muslim diarahkan ke restoran-restoran yang menyediakan makanan halal ditempat ini.

Asosiasi wisata kesehatan Okayama bahkan mulai memberi sertifikasi bagi tempat yang dikunjungi muslim. Termasuk fasilitas akomodasi, restoran, kafe dan tempat lainnya. Untuk mendapatkan sertifikasi halal tentunya sangat sulit di sana, sehingga hanya lima fasilitas di tiga kota Prefektur Okayama yang sudah memiliki sertifikat halal resmi. Antara lain dua restoran dan sebuah produsen "kibi dango" atau millet cake.

Kesulitan menemukan tempat halal tersebut memicu asosiasi membuat ide tanda dengan buah peach. Ini dianggap lebih mudah ditemukan oleh muslim. Fasilitas yang sudah mendapatakan sertifikat dari asosiasi termasuk yang sudah memperoleh sertifikasi halal menjamin makanan sudah disiapkan sesuai dengan aturan Islam. Asosiasi memberi logo peach warna pink dan kuning sebagai penandanya. Supaya memudahkan identifikasi oleh wisatawan muslim.

https://2.bp.blogspot.com/-v_OgBWxEzeo/W4nbNNg90EI/AAAAAAAAV3M/9FbvwXIJcvo3RGQIyBwS2vkSMcS-APcNgCLcBGAs/s1600/logo_B-300x300-side.png
Tanda Peach I dengan warna pink menunjukkan fasilitas yang menyediakan makanan tanpa babi. Tersedia juga menu berbahasa Inggris agar muslim bisa membacanya. Sementara tanda Peach II dengan warna pink dan kuning, memiliki semua kriteria dari Peach I. Tapi ada tambahan penjelasan tertulis mengenai bahan mentah pada produk.

Tempat makan yang memakai daging bersertifikat halal atau makanan vegetarian, umumnya disertifikasi dengan tanda Peach II. Kriteria yang sama juga akan disahkan asosiasi untuk kosmetik dan makanan olahan. Sedangkan untuk fasilitas akomodasi, ketersediaan sajadah dan kompas ikut dipertimbangkan. Begitu juga dengan toilet yang dilengkapi tempat wudhu.

Hingga saat ini tercatat ada total 3 fasilitas yang diberi sertifikasi tanda Peach oleh asosiasi di Okayama. Diantaranya 7 tempat makan, 3 fasilitas akomodasi dan 3 manufaktur.

Nah Jalaners, Okayama bisa jadi salah satu rekomendasi tempat buat kalian ngabisin liburan akhir tahun nih di Jepang. Yuk ke Okayama…

Tulis komentarmu di sini:



Lihat Berita Lainnya