Okayama : The Land of Peach


Oleh: Admin  |  18 December 2018

Buah persik di Prefektur Okayama memang terkenal dan memiliki rasa dan kualitas yang baik

Bicara soal keunikan wilayah di Jepang memang gak ada habisnya, Jalaners.. Dari sekian banyak keunikan yang dimiliki Jepang, salah satunya bersumber dari alam. Jepang memang dikaruniai cuaca dan iklim yang cocok untuk menanam buah-buahan dan sayur-sayuran sub-tropis. Berangkat dari anugrah tersebut itulah, maka buah-buahan tersebut diperkenalkan untuk menarik hati para wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang ingin berkunjung ke negara berjuluk negeri sakura itu, Jalaners. Nah salah satu destinasi agro wisata di Jepang yang menawarkan wisata petik buah berada di Prefektur Okayama.

Prefektur Okayama berada di wilayah Chugoku berada di sebelah barat kawasan pulau Honshu. Prefektur Okayama memiliki iklim yang hangat karena intensitas sinar matahari cukup baik disini. Gak heran kalau prefektur ini dijuluki oleh orang-orang Jepang sebagai “the sunny land” atau daratan yang cerah, Jalaners.

 Hasil gambar untuk momotaro

Jalaners ada yang pernah denger tentang legenda tradisional Jepang berjudul Momotarou? Ya, legenda Jepang tersebut berasal di Prefektur Okayama. Didalam cerita itu, Momotarou dilahirkan dari dalam buah persik yang ditemukan oleh sepasang kakek dan nenek. Tidak hanya dalam legenda saja ternyata, Jalaners, pada kenyataannya, buah persik di Prefektur Okayama memang terkenal dan memiliki rasa dan kualitas yang baik.

Buah persik putih Okayama dibawa dari Cina dan mulai dikembangkan di Okayama sejak periode Meiji pada tahun 1875. Karena kerja keras para petani buah persik, membuat Prefektur Okayama menjadi produsen buah persik terbesar seantero Jepang. Periode panen buah persik di Jepang dimulai pada bulan Juni hingga September. Buah persik di prefektur ini juga banyak macam jenis nya loh, Jalaners… Untuk lebih jelasnya yuk kita mengenal jenis-jenis buah persik yang ada di Prefektur Okayama.

  

HANAYOME

Buah persik dengan jenis hanayome memiliki rasa yang manis dengan bentuk buah yang kecil, Jalaners. Jika hanayome sudah matang dan siap untuk dipetik, gradasi warna merah dan kuningnya manjadikan buah ini begitu indah dan cantik dipandang mata. Hanayome mulai berbuah mulai dari akhir Juni hingga awal Juli. Kalau Jalaners ingin mencoba hanayome, tidak perlu menunggu buah ini berbuah hingga musim panas tiba ya.

  

HAKUHOU

Varietas buah persik putih yang satu ini adalah salah satu persik putih terkenal di Jepang. Hakuhou khas Prefektur Okayama memiliki tekstur yang halus dan rasa yang manis. Kandungan air dalam hakuhou pun cukup banyak sehingga dapat menyegarkan dahaga pemakannya. Varietas hakuhou dari Prefektur Okayama adalah varietas dengan kualitas terbaik di Jepang. Periode panen hakuhou dari mulai pertengahan Juli hingga akhir Juli.

 

SHIMIZU WHITE PEACH

Shimizu white peach juga tidak kalah terkenal sebagai buah persik terbaik di Jepang, Jalaners. Jenis buah persik yang satu ini berwarna merah muda dengan gradasi putih susu. Karena warnanya yang terlihat cantik, shimizu white peach juga dijuluki sebagai “ratu buah persik”. Ukuran shimizu white peach tergolong besar dengan tekstur yang halus. Orang Jepang biasa memberikan buah yang terkenal dengan rasa manisnya ini sebagai hadiah spesial. Shimizu white peach akan berbuah pada akhir Juli hingga pertengahan Agustus.

 

OKAYAMA YUME HAKUTOU

Okayama yume hakutou sendiri berarti buah persik putih impian Okayama. Bagi orang-orang yang sudah pernah mencoba varian buah persik Okayama Yume Hakutou, tidak diragukan lagi bahwa jenis buah persik khas Okayama ini memiliki aroma persik yang khas, rasa yang manis dan kandungan air yang banyak. Okayama yume hakutou adalah jenis persik besar dengan berat sekitar 350 – 500 gram. Masa panen buah persik ini sekitar pertengahan Agustus, Jalaners.

  

HAKUREI

Buah persik jenis hakurei memiliki tekstur yang halus, rasa yang manis dan aroma buah persik yang kuat. Tidak hanya itu saja, hakurei juga menjadi symbol kemewahan untuk dijadikan hadiah. Masa panen hakurei cukup singkat, yaitu antara awal Agustus hingga pertengahan Agustus.

 

GOLDEN PEACH

Golden peaches and other varieties of yellow peach caskets 6 ball Yamagata and other regions

Golden peach memiliki warna kuning keemasan dengan tekstur kulitnya yang halus. Rasa manis golden peach hampir mirip dengan rasa manis pada buah mangga. Berat golden peach yaitu sekitar 300 gram. Varian buah persik ini juga biasa dikonsumsi dalam bentuk selai atau sebagai resep kue. 

Nah, Jalaners pasti udah gak sabar mau langsung nyicipin buah persik asli dari Jepang kan? Ayo, langsung aja isi waktu liburan kalian semua dengan mengunjungi Nishiyama Farm di prefektur Okayama untuk merasakan sensasi memetik sendiri buah persik dan mencicipinya.

Tulis komentarmu di sini:



Lihat Berita Lainnya