Perfektur Ishikawa


Oleh: Admin  |   7 June 2018

Konser Gojinjodaiko dan Festival Kembang Api

Hai Jalaners! Ada lagi nih kegiatan yang bisa Jalaners nikmati pada saat mengunjungi Perfektur Ishikawa. Kalau kemarin Jalan Tour membahas mengenai seni kerajinan tangan di Perfektur Ishikawa, saat ini kami akan membahas mengenai beberapa pertunjukan yang dapat dinikmati oleh Jalaners pada musim panas ini. Kali ini kami akan membahas mengenai Konser Gojinjodaiko dan Festival Kembang api. Eits tapi jangan salah, festival  kembang api yang akan kami bahas disini beda dari yang lainnya. Jalaners dapat menikmati festival kembang api tersebut sambil berendam di onsen (kolam pemandian air panas). Wah pasti penasaran kan bagaimana dan dimana festival-festival tersebut akan diadakan? Langsung saja kita bahas pertunjukan pertama, yaitu  Konser Gojinjodaiko.

Konser Gojinjodaiko

Seperti yang sudah kita ketahui kalau Jepang memiliki banyak sekali pertunjukan-pertunjukan seni. Setiap daerah memiliki pertunjukan seni masing-masing yang sayang untuk dilewatkan. Di Perfektur Ishikawa ini terdapat sebuah pertunjukan seni yang bernama Gojinjodaiko. Gojinjodaiko adalah sebuah konser pertunjukan musik dan seni menabuh drum khas Jepang (Taito) yang dilakukan sekelompok orang yang semuanya adah laki-laki. Mereka memukul dan memainkan drum tersebut dengan menggunakan topeng, rambut palsu dan peralatan lainnya yang membuat mereka terlihat menyeramkan. Mereka memainkan pertunjukan dengan bersemangat, liar dan menggila.

Gojinji sendiri berawal dari pada zaman tentara Uesugi Kenshin menyerang Kastil Nanao pada abad ke 16. Pada saat itu penduduk desa, nelayan setempat dan petani ingin membantu melindungi serta mempertahankan Kastil Nanao. Dikarenakan mereka tidak memiliki senjata apapun untuk melawan tentara tersebut, maka mereka mempunyai ide bahwa mereka harus terlihat sangat menyeramkan. Mereka membuat topeng yang seram dari batang pohon dan memakai rumput laut untuk menghiasi rambut mereka. Untuk senjata, mereka menggunakan alat-alat pertanian seperti cangkul dan arit. Cara tersebut berhasil memukul mundur para tentara yang akan menyerang karena tentara tersebut mengira bahwa penduduk desa tersebut adalah hantu yang marah.

Untuk memperingati dan menghormati perjuangan para penduduk desa, nelayan dan petani yang membantu melawan tentara yang akan menyerang kastil tersebut, para seniman membuat sebuah pertunjukan yang menyerupai suasana pada saat perang tersebut yang diadakan dibeberapa kuil sekitar Wajima. Biasanya festival ini diadakan pada saat musim panas berlangsung.

Mereka memukul dan memainkan drum tersebut secara bergantian, karena hanya ada satu drum saja yang akan dipakai. Para performer akan memakai kostum lengkap yang menyeramkan. Mereka akan menampilkan pertunjukan yang dramatis, kuat dan akan membawa kita ke dalam suasana pada saat perang dahulu kala. Saat ini Gojinjodaiko menjadi aset budaya Jepang. Pertunjukan ini telah menjadi “Prefectural Intangible Folk Cultural Asset”. 

OnsenXkembang api (festival)

Sudah bukan sesuatu yang aneh lagi apabila Jepang mengadakan festival kembang api. Setiap musim panas berlangsung, setiap daerah di Jepang akan mengadakan festival kembang api yang meriah. Langit-langit akan dipenuhi oleh keindahan dari bunga api yang siap membuat Jalaners terkesima. Masih di perfektur Ishikawa, festival kembang api didaerah ini disajikan dengan konsep yang berbeda dengan biasanya. Di perfektur Ishikawa ini Jalaners dapat menikmati festival kembang api sambil bersantai di onsen (kolam pemandian air panas). Wah pasti seru banget ya Jalaners? 

Di perfektur Ishikawa ini ada 2 tempat kolam pemandian air panas (onsen) yang menyajikan festival kembang api. Tempat pertama adalah di Katayamazu Onsen. Festival kembang api ini dapat disaksikan selama bulan Agustus. Puncak dari festival ini adalah tanggal 16 Agustus, karena pada saat itu, Jalaners dapat menikmati pemandangan danau yang diterangi oleh cahaya lembut yang dihasilkan dari kembang api. Festival ini diadakan pada pukul 21:15 selama 10 menit di sisi danau Shibatayamagata.

Selain di Katayamazu Onsen, festival kembang api juga diadakan di Wajura Insen. Festival kembang api di Wakura Onsen ini menjadi yang terbesari area Hokuriku. Kira-kira sekitar 3000 ledakan kembang api akan mewarnai langit malam di Wakura Onsen. Pertunjukan kembang api tersebut akan dimulai sekitar pukul 20:30 dan berakhir sekitar pukul 21:30 di Wakura Onsen dan Waku-Waku Plaza.

Seru banget kan Jalaners? Pertunjukan-pertunjukan tersebut sangat sayang untuk dilewatkan. Apabila Jalaners datang ke Jepang pada saat musim panas, sempatkan untuk menyaksikan konser Gojinjodaiko atau Festival kembang api di onsen. Pastinya liburan Jalaners akan berbeda dari yang lain dan akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Tulis komentarmu di sini:



Lihat Berita Lainnya